Jualan Perlengkapan Bayi Secara Online

Saat ini teknologi internet mengalami kemajuan sangat pesat. Setiap orang meengenal dan mampu menggunakan internet, baik melalui komputer (laptop, pc) atau menggunakan gadget seperti handphone, tab, dll. Banyak kemudahan dalam kehidupan yang didapat dengan menggunakan internet. Sehingga semua jenis bisnis sudah menggunakan internet dalam operasionalnya. Tidak terkecuali dalam bidang pejualan. Penjualan merupakan bidang bisnis yang sangat cepat perkembangannya dengan bantuan internet sebagai media atau tools nya.

Menjual barang atau jasa melalui internet sebagai medianya tidak hanya dapat dilakukan oleh seorang profesional saja, akan tetapi dapat dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga sekalipun. Banyak kita baca di media masa (online atau offline), ibu rumah tangga yang sukses berpenghasilan ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah sebulan dengan berjualan barang kebutuhan pribadi atau rumah tangga melalui sebuah handphone yang sudah terhubung dengan internet. Apalagi dengan bermunculannya media sosial online yang aplikasinya dapat di unduh gratis, tentu hal ini sangat mendukung perkembangan komunikasi antara penjual dengan calon pembeli.


Jualan Perlengkapan Bayi

Salah satu produk yang sangat laku dijual adalah perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi mempunyai pangsa pasar yang luas. Tidak hanya calon ibu saja yang membutuhkan produk ini. Produk perlengkapan bayi banyak dicari pula oleh orang-orang yang sudah berkeluarga maupun yang belum berkeluarga, bagi mereka perlengkapan bayi biasanya dijadikan kado buat bayi / kelahiran teman atau saudara.
Perlengkapan bayi banyak sekali jenisnya, contoh : pakaian bayi, popok bayi, gurita, ciput, sepatu bayi, gendongan, kasur bayi, mainan bayi, selimut bayi, jaket bayi, handuk bayi, perlengkapan mandi bayi, dan lain sebagainya. Model perlengkapan bayi juga terus berkembang seperti model fashion yang berganti-ganti.

Bagaimana Memulai Bisnisnya ?

Memulai bisnis atau jualan perlengkapan bayi secara online, sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang terpenting adalah kerajinan dan ketekunan terutama dalam hal promosi dan penanganan order. Baiklah, dibawah ini langkah demi langkah bagaimana memulai bisnis perlengkapan bayi secara online, silahkan diikuti :

  1. Barang atau Produk. Apabila anda tidak memproduksi barang sendiri, anda dapat bekerja sama dengan produsen perlengkapan bayi, baik itu tetangga, teman, saudara maupun anda cari informasi secara offline atau dapat juga mencari di Google. Selain itu barang juga dapat di beli di pasar, tentunya dengan meminta harga grosir supaya kita dapat menjual lagi dengan harga yang sama dengan harga pasar. Bagaimana kalau modal kita kecil atau malah tidak punya modal sama sekali ? Tidak perlu khawatir, anda dapat mengajak penjual di pasar untuk bekerja sama yaitu dengan sistem ambil kalau pembeli sudah transfer atau dengan sistem dropshiping (kita pesen barang tetapi yang kirim barang nanti penjualnya dengan nama pengirim adalah nama kita).
  2. Promosi. Setelah anda mendapatkan produk atau sumber produk untuk dijual langkah selanjutnya adalah bagaimana mempromosikan atau menjualnya. Karena kita membicarakan penjualan online maka salah satu cara promosi produk secara online yang paling mudah adalah dengan Facebook. Saat ini ada sekitar 50 juta pengguna Facebook di Indoensia. Tentu ini merupakan pasar yang tidak sedikit. bayangkan saja jika kita bisa merebut pasar 5% dari 50 juta tersebut, bisa anda hitung kan ? Langkah pertama, buatlah akun Facebook (saya kira cukup mudah untuk membuatnya, bisa di buat melalui laptop atau HP). Langkah kedua , tambahlah pertemanan dengan orang-orang yang dapat menjadi target pasar dari produk kita. Jika produk kita perlengkapan bayi maka invitelah ibu-ibu, perempuan yang baru menikah atau akan menikah. Gadis-gadis yang masih berumur 18 tahunan pun dapat kita invite karena pada 3-4 tahun ke depan mereka masuk menjadi target pasar kita. Jadi bangunlah bisnis kita untuk jangka waktu yang lama.  Jangan promosi dulu sebelum mempunyai pertemanan lebih dari 100 orang. Setelah teman Facebook sudah mulai lewat 100, mulailah mempromosikan produk kita, tetapi jangan terlalu radikal dalam artian frekuensi promonya jangan terlalu sering, antara 3 - 5 kali saja dalam sehari. Pilihlah waktu-waktu yang tepat untuk promosi supaya promo kita efektif, contoh waktu yang tepat untuk promosi adalah jam 7-9 pagi, jam 12-13.30 siang, dan jam 16-21 malam, saat-saat tersebut banyak pengguna facebook yang sedang aktif menggunakan  akunnya. Langkah ketiga, buatlah fanspage di akun Facebook anda khusus untuk jualan perlengkapan bayi tersebut. Promosikan fanspage anda ke teman-teman Facebook dan promosikan dagangan anda di fanspage tersebut.
  3. Menangani Pesanan Barang. Setelah beberapa lama promosi, biasanya mulai ada yang pesan barang ke kita. Jika ada yang beli barang, sebaiknya pembeli melakukan pembayaran seharga barang ditambah ongkos kirim (besaran ongkos kirim bisa di cek di web JNE atau Post atau Tiki atau yang lainnya) melalui transfer bank, maka sebelumnya anda harus sudah menyiapkan rekening untuk transfer dana ini. Setelah uang masuk rekening, anda dapat belanjakan uang nya untuk membeli barang pesanan atau kalau sistem dropship, anda tinggal transfer ke produsen / grosir yang sudah anda kontak sebelumnya. Berikan data yang lengkap yaitu data tujuan pengiriman dan data toko online anda. Jangan lupa mintalah nomer resi pengiriman apabila barang sudah dikirim ka alamat tujuan. Anda sebaiknya aktif menginformasikan perkembangan order barang ke pembeli supaya mereka tidak ada kekuatiran mengenai transaksi ini.
Demikianlah langkah-langkah dalam memulai bisnis berjualan perlengkapan bayi secara online. Meskipun hanya dengan bermodal gadget atau laptop tanpa stok barang kita bisa memulainya. Mental berusaha yang kuat akan menajdikan anda sukses dalam bisnis ini. Jangan sampai putus asa jika ada kendala di tengah perjalanan bisnis ini, carilah informasi cara mengatasi kendala tersebut, baik dari teman, saudara, atau dari serching di internet (contoh Google) karena di sana banyak sekali referensi yang dapat dijadikan acuan bagi kita.


(am/okt15) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jualan Perlengkapan Bayi Secara Online"

Post a Comment